10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] (2024)

Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih walkie-talkie atau handy-talky. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih produk walkie-talkie dan handy-talky? Silakan perhatikan poin-poin berikut ini untuk menemukan produk yang paling sesuai.

1

Pilih berdasarkan tipenya

Karena mirip, tipe walkie-talkie dan handy-talky pun sama. Ada dua tipe walkie-talkie dan handy-talky yang dapat ditemukan di pasaran, yaitu tipe analog dan nirkabel digital. Pastikan Anda memilih produk dengan tipe yang sesuai dengan kebutuhan.

Analog: Mudah digunakan dan harga terjangkau

10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] (1)

Walkie-talkie dan handy-talkytipe ini memiliki daya rendah dengan transmisi output sekitar 10 mW. Karena itu, jarak jangkauan komunikasi menjadi lebih dekat. Di area perkotaan produk tipe ini hanya bisa digunakan pada jarak 100–200 meter. sem*ntara itu, di ruang terbuka produk tipe ini hanya dapat digunakan untuk komunikasi dengan jarak sekitar 1 km.


Tipe ini juga mudah dioperasikan sehingga orang awam dan anak-anak pun bisa menggunakannya. Anda tidak perlu mengatur frekuensi secara manual karena preset-nya sudah ada pada produknya. Selain itu, walkie-talkieatau handy-talky tipe ini memiliki harga terjangkau sehingga Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam.

Nirkabel digital: Memiliki jangkauan yang lebih luas

10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] (2)

Produk WTdan HT tipe nirkabel digital memiliki transmisi output yang cukup besar sekitar 5 W. Anda dapat berkomunikasi dengan lawan bicara dalam rentang jarak sekitar 500 meter di area perkotaan yang banyak gedung. Saat berada di area terbuka atau alam bebas, tipe ini memiliki jangkauan komunikasi hingga beberapa kilometer. Selain itu, frekuensinya tidak mudah terganggu oleh frekuensi lain.

Walkie-talkie dan handy-talkytipe ini banyak dipilih masyarakat karena penggunaannya sangat praktis. Selain itu, produk tipe ini juga lebih mudah ditemukan di pasaran. Namun, harga produk tipe ini umumnya lebih mahal dibandingkan tipe analog sehingga Anda harus menyiapkan dana yang cukup.

Jarak jangkauan panggilan menjadi salah satu pembeda antara walkie-talkie dan handy-talky. Anda harus memilih jarak jangkauan panggil ketika ingin membeli kedua alat komunikasi ini. Pastikan Anda mendapatkan produk WT dan HT yang sesuai dengan kebutuhan.

Kurang dari 2,5 km, gunakan walkie talkie

10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] (3)

Walkie-talkie secara umum memiliki jarak jangkauan maksimal kurang dari 2,5 km. Namun, ada juga walkie-talkie yang jarak jangkauan komunikasinya lebih dari 2,5 km.Anda bisa menggunakan walkie-talkie dalam kegiatan outdoor, seperti camping dan hiking. Dengan berkomunikasi menggunakan walkie-talkiedapat meminimalkan risiko tersesat saat pendakian.

Walkie-talkie juga bisa Anda gunakan ketika sedang melakukan touring. Walkie-talkiedapat digunakan untuk memantau jika ada teman yang tertinggal saat melakukan touring.

Untuk keperluan touring, sebaiknya Anda memilih walkie-talkiedengan jarak jangkauan antara 1 km hingga 3 km. Hal ini karena medan touringyang berupa jalan berkelok dan naik turun dapat menghalangi gelombang radio. Gelombang radio juga bisa terhalang oleh pepohonan di hutan yang lebat atau di dalam gedung bertingkat.

Lebih dari 2,5 km, gunakan handy talky

10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] (4)

Handy-talky atau HT memiliki jarak jangkauan komunikasi lebih dari 2,5 km yang lebih luas dari walkie-talkie. Gunakanlah HT jika memang jarak Anda dan lawan bicara mencapai lebih dari 2,5 km. Anda bisa menggunakan HT untuk mengawasi lokasi hingga koordinasi acara. Jika Anda membutuhkan pertukaran informasi yang lebih privat dan rahasia, pilihlah HT dengan fitur confidential function.

HT biasanya menggunakan frekuensi yang lebih banyak. HT juga banyak digunakan pada stasiun radio komunikasi dua arah yang bersifat tetap dengan daya yang besar. Oleh karena itu, HT dapat menjangkau area yang luas meskipun terhalang baik oleh pohon maupun bangunan.


Handy-talky juga bisa digunakan dalam persiapan jika terjadi bencana. Dengan kata lain, HT dapat menjadi senjata ketika ada bencana untuk melakukan proses evakuasi. Apalagi ketika Anda berada jauh dari kota atau tidak bersama siapa-siapa, Anda dapat berkabar lewat alat ini. Jangan lupa juga untuk mengamankan baterai darurat agar persiapan lebih optimal.

3

Temukan produk berlisensi atau memiliki standardisasi

10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] (5)

Sebelum memutuskan membeli walkie-talkie atau handy-talky, pastikan produk yang Anda pilih cukupqualifieddan memenuhi standar. Produk yang tersertifikasiatau terstandardisasi tentu memiliki kualitas yang lebih baik. Sebaliknya, WT atau HT yang tidak memenuhi standardisasi mungkin akan menyebabkan noise pada jaringan televisi dan ponsel.

Meski memiliki performa yang bagus, menggunakan walkie-talkiedan handy-talkyyang tidakqualified berarti melanggar peraturan radio. Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan sertifikasi produkdenganteliti sebelum membeli, ya.

4

Cek kompatibilitas dan saluran

10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] (6)

Walkie-talkiedan handy-talkymemiliki saluran komunikasi (channel) yang dapat digunakan antarpengguna. Pengguna alat inidapat berkomunikasi satu sama lain dengan menyelaraskan saluran frekuensi. Beberapa produk mungkin tidak kompatibel dengan produk dari produsen lain sehingga tidak bisa saling terhubung.

Produk tipe analog dan nirkabel digital tidak dapat berbagi frekuensi dan tidak dapat saling berkomunikasi. Jika Anda ingin mengganti menjadi tipe digital, Anda harus mengeluarkan biaya lagi. Jika pada masa mendatang Anda menginginkan tipe digital, pilihlah produk tipe nirkabel digital sedari awal.

5

Pertimbangkan kemudahan penggantian daya

10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] (7)

Ada dua tipe penggantian daya pada walkie-talkie dan handy-talky. Ada produkyang menggunakan baterai kering dan ada juga yang menggunakan baterai cas (rechargeable battery). Tipe produk analog biasanya tidak begitu banyak mengonsumsi daya. Karena itu, produk analog dengan baterai kering lebih terjangkau dan coco*k digunakan untuk pemakaian singkat.

Sebaliknya, tipe nirkabel digital memiliki outputdan konsumsi daya yang besar. Untuk menggunakan produk dalam waktu yang lebih lama, pilihlah yang dilengkapi baterai cadangan sekaligus baterai kering dan baterai cas.

Baterai isi ulang yang sekarang beredar di pasaran sudah menggunakan tipe Lithium-ion. Selain tahan lama, Li-ion memiliki ketahanan terhadap suhu sekitarnya dari 0 ℃ hingga 75 ℃. Pengisian dayanya pun cepat dan lebih irit saat digunakan.

6

Carilah produk yang tahan air dan debu

10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] (8)

Walkie-talkiedan handy-talkymemiliki ukuran yang ringkas dan mudah dibawa sehingga ideal untuk kegiatan luar ruangan. Jadi, sebaiknya Anda memilih WT atau HT dengan fitur tahan air dan debu.Adanya fitur tersebut dapat mengurangi risiko kerusakan pada walkie-talkie dan handy-talky akibat kemasukan air atau debu.

7

Khusus untuk HT, pastikan dapat izin penggunaannya

10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] (9)

Meski sudah mengenal handy-talky, banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa penggunaannya harus memiliki izin. Pengguna HT wajib memiliki izin amatir radio atau sertifikat. Izin penggunaan HT bisa diperoleh dengan melewati serangkaian ujian. Pengguna HT diharuskan menguasai beragam materi, terutama terkait tata cara dan teknis penggunaan sehingga mampu menjawab pertanyaan ujian.


Selain mendapatkan izin penggunaan, masyarakat yang ingin berkomunikasi menggunakan HT perlu mengantongi izin akses frekuensi. Izin akses frekuensi bisa didapatkan dari Organisasi Amatir Radio Republik Indonesia (ORARI). Ada juga izin akses frekuensi dari Radio Antar Penduduk Indonesia atau RAPI. Jika ingin mengakses frekuensi khusus, masyarakat harus mengurus perizinan di ISR (Izin Stasiun Radio).


Jika tidak ada izin dalam menggunakan HT, Anda akan dikenai sanksi administratif berupa teguran. Namun, jika pelanggaran masih dilakukan, Anda akan terancam jerat pidana. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang telekomunikasi.

10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Errol Quitzon

Last Updated:

Views: 6135

Rating: 4.9 / 5 (79 voted)

Reviews: 86% of readers found this page helpful

Author information

Name: Errol Quitzon

Birthday: 1993-04-02

Address: 70604 Haley Lane, Port Weldonside, TN 99233-0942

Phone: +9665282866296

Job: Product Retail Agent

Hobby: Computer programming, Horseback riding, Hooping, Dance, Ice skating, Backpacking, Rafting

Introduction: My name is Errol Quitzon, I am a fair, cute, fancy, clean, attractive, sparkling, kind person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.